Rabu, 13 Juli 2016

SETTING DYNAMIC ROUTING OSPF MENGGUNAKAN 2 ROUTER MIKROTIK DENGAN FITUR CLI

Assalamu'allaikum Wr. Wb.

Selamat siang untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk setting dynamic routing ospf menggunakan 1 router mikrotik, namun sebelum kita lakukan setting kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu ospf dan dynamic routing dan berikut ini adalah ulasan mengenai ospf dan dynamic routing,


* Pengertian
Dynamic routing adalah menggambarkan kemampuan sistem, di mana rute yang ditandai dengan tujuan mereka, untuk mengubah jalan yang rute mengambil melalui sistem dalam menanggapi perubahan kondisi.

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah routing protokol standar terbuka yang telah di implementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan.

* Latar belakang
Dynamic routing ini umumnya digunakan dalam jaringan data untuk menggambarkan kemampuan jaringan untuk 'rute sekitar' kerusakan, seperti kehilangan node atau koneksi antara node, asalkan pilihan jalan lain yang tersedia. maka dari itu saya lakukan setting dynamic routing ospf.

* Maksud dan tujuan 
Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk mengoptimalkan fungsi dari dynamic routing dan berikut ini adalah fungsi dari dynamic routing:
  • Digunakan dalam jaringan data untuk menggambarkan kemampuan jaringan untuk 'rute sekitar' kerusakan.

* Alat dan bahan
Alat yang digunakan dalam setting dynamic routing ospf :
  1. Pc/Laptop
  2. 2 router mikrotik 
  3. kabel UTP setting  
  4. winbox
*Langkah-langkah

1. Pertama kita buat topologinya terlebih dahulu dan disini saya menggunakn topologi seperti berikut yaitu menggunakan 2 router mikrotik seperti gambar berikut ini:

2. Kemudian setelah itu kita pasangkan semua alat seperti topologi yang sudah kita buat dan tentukan.
3. Setelah itu kita setting ip pc kita terlebih dahulu disini topologi yang telah saya siapkan tertulis adalah sebagai berikut seperti gambar:

4. Lalu setelah itu kita setting mikrotik kita dengan menggunakan aplikasi winbox lalu kita masuk ke winbox.
5. Setelah kita masuk ke winbox langsung saja kita setting IP address pada ether1 dan ether2 kita dengan cara klik IP -> pilih ADDRESS -> klik tanda + lalu isikan ip address, netmask, dan interface, lalu klik apply dan ok, seperti gambar berikut:
6. Setelah kita setting IP kita setting OSPF dengan cara klik routing -> pilih ospf -> kita ke menu network -> tanda + lalu isikan ip network dari ethr1 dan ether2 seperti gambar berikut:
7. Setelah itu coba kita cek seting yang kita lakukan tersebut berhasil atua tidak dengan cara kita klik IP pilih routes maka akan muncul tampilan berikut:
8. Selanjutnya kita coba cek menggunakan new terminal yang ada di winbox dengan cara klik new terminal lalu ketikan ping no ip yang ingn kita coba seperti gambar berikut ini:
10. Yang terakhir kita coba ping lewat terminal emulator kita, seperti gambar berikut:
Selesai.

* Kesimpulan 
Dari setting tadi saya menarik kesimpulan bahwa setting tersebut sebenarnya cukup mudah jika kita sudah faham benar dengan jalur topologi yang dibuat.tak perlu banyak cara namun hanya saja perlu ketelitian dalam penulisan.

* Reverensi 
 

0 komentar:

Posting Komentar